Friday, October 12, 2018

Pesta Boneka #6: Pertemuan kembali

Photo: Instagram @pesta_boneka
Hi!
Kali ini, saya pengen cerita tentang Pesta Boneka #6 dan pertemuan saya kembali dengan festival ini.

Sekilas cerita tentang Pesta Boneka dan bagaimana kami bisa terlibat di dalamnya, jadi di tahun 2014, saya Rangga dan Ditto merayakan ulang tahun Ditto dengan mengunjungi Pesta Boneka #4 yang diadakan bulan Desember 2014. Saat itu adalah pertemuan pertama saya dengan dunia teater boneka dan juga acara yang sangat menyenangkan ini. Bahkan kami jadi berkenalan dengan penonton setia Papermoon yaitu Mba Anggun, Mba Vic, dan Mba Iin yang waktu itu bantu menjaga stand merchandise. Hampir selama 3 hari acara, kami akan menunggu pertunjukan selanjutnya di booth merchandise Papermoon bersama mba - mba ini.

Lalu pada tahun 2015 awal, Rangga membentuk kelompok teater boneka bernama Flying Balloons Puppet yang sampai saat ini kami jalankan bersama. Di awal tahun tersebut, Rangga dan saya berkenalan dengan Papermoon. Rangga banyak berkomunikasi dan berdiskusi tentang teater boneka dengan Papermoon. Hingga pada tahun 2016, Flying Balloons Puppet berkesempatan menjadi bagian dari Pesta Boneka #5 dengan tema “Home”. Kalau ingat lagi, “Home” tema pesta boneka 2 tahun lalu menjadi sedikit tanda bahwa kami sedang dalam perjalanan kembali ke rumah (dalam hal ini teater boneka) dan bagaimana festival tahun tersebut membentuk kami yang sekarang. Ada ucapan yang menarik yang diucapkan Mba Anggun, dari groupies menjadi peserta Pesta Boneka. Menarik karena, pertemuan dua tahun lalu membawa kami kembali menjadi bagian dan penampil di Pesta Boneka #5.

Pesta Boneka #5 menjadi batu loncatan dan juga pijakan pertama kami untuk serius menggeluti seni pertunjukan ini. Terutama untuk saya pribadi yang tidak memiliki latar belakang teater. Pesta Boneka #5 menjadi panggung kedua saya sebagai pemain boneka. Bahkan sejak saat itu kami sebagai grup lebih bergairah dalam menekuni bidang ini karena kami menemukan rumah kami. Pada Pesta Boneka #5 kami membawakan pertunjukan berjudul “NATUH” yang sangat minim secara bentuk (menurut saya pribadi, pertunjukan yang cukup buruk). Momen tersebut membuat NATUH berkembang sampai saat ini dan bahkan sudah dipentaskan 7 kali. Kalau bukan karena Pesta Boneka #5, saya yakin ceritanya akan jadi cukup berbeda terlepas dari dukungan yang datang dari berbagai pihak setelah itu di tahun berikutnya.

Photo: Instagram @pesta_boneka

Saya pribadi sangat excited akan mengikuti Pesta Boneka untuk kedua kalinya sebagai peserta tahun ini. Pesta Boneka #6 akan dimulai sejak hari ini tanggal 12 Oktober 2018 hingga 14 Oktober 2018. Flying Balloons Puppet akan membawakan cerita tentang Sori dan pertemuannya dengan mahluk penunggu sungai bernama Lembuna. Kami berkolaborasi dengan seorang seniman teater boneka asal Australia bernama Gwendolyn Knox. Saya akan membuat entri blog sendiri tentang proses bersama Gwen untuk pertunjukan ini. Cerita tentang Sori dan Lembuna kami angkat dari mitos yang berkembang di Brebes tentang penunggu sungai Pemali. Kami ingin menceritakan kembali mitos dengan sudut pandang dan cara yang berbeda. Hal yang menarik dari pertunjukan ini adalah kami akan mementaskannya di sebuah kolam kering yang terletak di pinggir sawah. Untuk tahu bagaimana pertunjukan kami, jangan lupa untuk hadir minggu sore ya.

Sampai jumpa di hari Minggu, 14 Oktober 2018 jam 4 sore di Desa Kepek, Bantul teman - teman!

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Featured Post

Hutan Indonesia, Mengambil bagian untuk Melestarikan

Bulan Agustus tidak hanya bulan bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia tapi ada hari penting yang patut diingat, digaungkan, dan juga diberit...