Monday, June 15, 2020

New Normal, Is it?

Hai hai!
Sekarang pada rame ngomongin new normal ya. Sebenarnya apa sih new normal? As far as I understand, new normal itu sebuah cara untuk menormalisasi keadaan saat atau setelah pandemi dalam segi sosial dan juga ekonomi.

Tapi, apa sebenarnya saat ini kita sudah siap menjalani new normal? I doubt that. Bukannya meremehkan, tapi tentu ada keraguan karena disebagian besar daerah di Indonesia, jumlah kasus covid19 tetap bertambah. Meskipun, dibeberapa daerah terjadi penurunan kasus. 

Apakah kita siap menjalankan segala requirement dan juga safety measure saat new normal berjalan? Apa semua lapisan masyarakat sudah dibekali pengetahuan terhadap hal ini? Apa pelayanan kesehatan kita cukup memadai untuk menangani kasus covid19? Mungkin terlalu banyak pertanyaan yang akan muncul mengenai normal baru ini.

Kemarin, sempat baca syarat di WHO mengenai daerah atau lingkungana atau negara yang bisa menjalankan kenormalan baru ini. Syaratnya adalah, angka kasus berkurang atau bahkan tidak ada peningkatan, adanya fasilitas yang bisa melaksanakan test berskala masif, dan kapasitas kesehatan memadai dan mampu menangani kasus yang ada.

Kalau dari syarat tersebut, apa yakin kita sudah berapa ditahap tersebut? Apa jangan - jangan peak dari pandemi ini belum mencapai puncaknya? 

Ini nih lucu banget rasanya, setelah beberapa lama gak nulis, tulisannya bahas hal begini. Mungkin karena terpantik banyak bahasan ini di sosial media. Bahkan banyak usaha yang mulai menjual new normal kit. Ide yang menarik tentunya. Tapi kembali lagi, are we there yet?

Cukup itu dulu ah, tulisan singkat hari ini. Besok mau bahas teater boneka aja, lagi manasin mesin, biar gak karatan dan ditinggalkan.

Have a good night sleep semuanya.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Featured Post

Hutan Indonesia, Mengambil bagian untuk Melestarikan

Bulan Agustus tidak hanya bulan bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia tapi ada hari penting yang patut diingat, digaungkan, dan juga diberit...