Wednesday, April 29, 2020

5 Aplikasi yang berguna banget saat Work From Home

Personal Photo

Hi! Happy Wednesday

Selama COVID-19 ini, saya bersyukur bisa #workfromhome. Walaupun tentunya ada saja kendalanya, antara lain, jaringan internet yang nggak stabil (maklum tinggalnya gak di pusat kota), terus belum lagi terkadang koordinasi perlu dilakukan secara langsung.

Untuk membantu kelancaran #workfromhome karena saya kerjanya nggak cuma di startup tapi punya usaha sampingan. Ini dia beberapa aplikasi yang saya selalu gunakan untuk bekerja.

Google Drive
Yaas! Aplikasi bawaan google ini jadi penolong untuk segala dokumen yang saya buat dan juga backup data yang saya butuhin. Mulai dari laporan acara kantor sampai ke laporan pengeluaran harian saya bikinnya di spreadsheet. Otomatis ke update dan aman jaya pokoknya. Selain itu, sharing juga jadi lebih mudah.


Hangout Meet

Perangkat video dan call conference dari Google ini jadi staple buat koordinasi kantor. Bahkan tim kantor bikin beberapa room yang bisa dipakai untuk membahas kerjaan secara langsung, istilahnya kita pairing sama tim lainnya. Selain ringan, hangout meet gak perlu jaringan yang bagus banget, aman buat dipakai di smartphone dan laptop. Kadang bahkan ngeswitch antara keduanya, karena Rumi gak bisa ditinggal. Ngebantu bangetlah pokoknya.

Canva

Aplikasi desain favorit! Berhubung laptop sedanh tidak sehat dan di laptop Rangga nggak ada Photoshop. Alhasil, pakai Canva menolong banget! Apalagi sekarang nih lagi perlu bikin beberapa content jualan Smoothies yang saya dan Rangga coba buat selama #dirumahaja. Buat desain konten produk pribadi emang top! Semoga nextnya bisa purchase yang pro. hihihi


Trello
Nggak ketinggalan aplikasi satu ini membantu ngetrack kerjaan sudah sampai mana. Koordinasi ke tim juga lebih fleksibel. Bisa input berbagai attachment berdasarkan tasknya juga. Saya pakai trello gak cuma buat kerjaan kantor, tapi juga proyek Flying Balloons Puppet juga pakai trello.


VPN (Virtual Private Network)

Keamanan dalam bekerja juga jadi salah satu faktor kenapa pakai VPN. Tentunya selain untuk mengakses jaringan tertentu, penggunaan VPN juga untuk mengenkripsi jaringan pribadi sehingga dokumen perusahaan tidak bocor ke luar. Saya pakai VPN juga untuk mengaksea situs yang memang diblokir juga, seperti beberapa broker trading luar (Oh iya, kantor tempat saya bekerja memang fokus ke trading). 

Itu dia 5 aplikasi yang selalu on di laptop saat bekerja dari rumah. Semoga bisa membantu kalian juga ya. 

Enjoy your work from home day teman - teman!

4 comments:

  1. Wah, aplikasinya sangat menunjang sekali mbak. Memang work from home skrng ini terbantu oleh teknologi. salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa benar syukurnya teknologinya bisa menyesuaikan jaringan internet juga. hahaha. Salam kenal yaaa

      Delete
  2. Saya juga suka pakai canva untuk buat desain blog post kalo lagi males buat sendiri atau waktunya mepet. Walaupun masih gratisan, tapi desainnya sudah bagus banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar! Canva memang penolong. hehehe. Terus makin ke sini tampilannya juga makin oke.

      Delete

Popular Posts

Featured Post

Hutan Indonesia, Mengambil bagian untuk Melestarikan

Bulan Agustus tidak hanya bulan bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia tapi ada hari penting yang patut diingat, digaungkan, dan juga diberit...