Saturday, April 25, 2020

Masker kain untuk keperluan personal

Photo by Cottonbro from Pexels

Happy Weekend teman - teman!

Hari kedua puasa nih. Bagaimana puasa hari pertama kalian? Semoga lancar ya walaupun keadaannya pasti berbeda sekali. Nggak kerasa ini udah hari ke-6 dari BPN Ramadan Challenge 2020. Jujur, ikut challenge 30 hari nulis itu sesuatu sekali. Bukan apa - apa, tapi butuh komitmen buat tetap ada ide mau nulis apa setiap harinya. Haha!

Hari ini, contoh di mana saya nggak tahu mau nulis apa tentang masker. So, mungkin kita mulai saja yaa artikel ini.


Seperti yang kita semua tau, anjuran untuk menggunakan masker saat ini tidak hanya untuk yang sedang sakit, tapi juga untuk kita yang sehat terutama yang berkegiatan di luar rumah. Buat saya pribadi, anjuran ini cukup tepat mengingat Indonesia tidak menerapkan sistem lockdown seperti negara - negara lain.

Photo by Anna Shvets from Pexels

Ingat gak, kejadian masker medis tiba - tiba melonjak harganya dan jadi susah didapat di mana - mana? Apalagi pas awal - awal kasus Corona mulai ditemukan di Indonesia. Banyak yang jadi panic buying dan juga orang - orang yang memanfaatkan situasi untuk mengambil keuntungan pribadi. Waktu awal itu, saya sempet minta Rangga untuk beli masker yang dijual di supermarket - supermarket. Ternyata masih bisa dibeli, lalu beberapa hari kemudian, kosong.

Inisiatif deh buat masker sendiri dari kain - kain yang ada di rumah. Dan, maskernya jarang di pakai karena memang saya jarang banget berkegiatan di luar rumah.

Back to topic, setelah rame masker medis yang langka. Ternyata di lapangan para petugas kesehatan yang memang lebih butuh masker tersebut kekurangan stok. Syukurlah lama kelamaan orang sadar dan muncul gerakan menggunakan masker kain baik yang dibeli ataupun dibuat untuk penggunaan pribadi. Lalu, masker medis hanya untuk petugas kesehatan kita.

Untuk teman - teman yang berkegiatan di luar rumah jangan lupa untuk menggunakan masker kain ya. Kalau saya di rumah siapin beberapa masker, jadi ketika yang satu dicuci setelah di pakai punya cadangan masker lainnya. Meski masker kain bisa dipakai berulang kali, sebaiknya penggunaannya pun jangan terlalu lama ya. Sediakan cadangan saat kamu berpergian.

Sekian tulisan singkat ini, semoga jadi pengingat untuk kita semua ya.

Stay safe teman - teman.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Featured Post

Hutan Indonesia, Mengambil bagian untuk Melestarikan

Bulan Agustus tidak hanya bulan bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia tapi ada hari penting yang patut diingat, digaungkan, dan juga diberit...