Thursday, April 23, 2020

COVID 19: Protect yourself, your family, and your surroundings

Halo,
Ini pertama kalinya saya berusaha commit untuk ikutan blog challenge yang diadain Blogger Perempuan di bulan Ramadan 2020 ini. Semoga semangat sampai akhir!

Hari ini, saya mau cerita beberapa hal, masih terkait Corona dan imbasnya sama kehidupan sehari-hari. Kita sudah tau corona itu apa kan, lalu bagaimana cara kita melindungi diri dari penyebaran virus ini? 

Cara pencegahan ini tertulis di website WHO ya, bisa di cek untuk lebih lengkapnya. Dari cara pencegahan yang disarankan, ini dia beberapa yang saya coba terapkan selama pandemi ini berlangsung. Baik di rumah maupun ketika harus keluar rumah.


Cuci tangan menggunakan sabun
From Pexels
Jujur, dulu saya jarang banget cuci tangan. Parah banget sih. Tapi sejak kejadian ini dan saya punya anak bayi di rumah. Rangga selalu mengingatkan saya untuk cuci tangan setelah dan sebelum makan dan juga masak. Kebiasaan cuci tangan ini memang harus diterapkan secara rutin supaya tetap dilakukan kapanpun meski nantinya corona sudah tidak seperti saat ini. Di rumah sendiri, saya taruh sabun di keran depan, jadi kalau Rangga pulang dari luar, cuci tangan dan kaki dulu sebelum masuk rumah. Selain itu, karena punya bayi dan direct breastfeeding, saya selalu cuci tangan sebelum menyusui Rumi. Kebiasaan cuci tangan dengan sabun udah dari dulu disarankan baik sama orang tua maupun kakek nenek kan? Cuma terkadang kita nggak terlalu menghiraukan bahkan mengabaikan.

Sekarang, waktunya mengembalikan kebiasaan baik ini lagi. Jangan lupa selalu cuci tangan ya teman - teman.

Physical Distancing
Karena penyebaran virus ini melalui percikan cairan, terutama ketika bersin ataupun batuk. Maka, distancing pun diberlakukan. Di tempat - tempat umum saat ini jarak antar pengunjung pun dibuat agar mengurangi penyebaran virus corona. Bahkan banyak juga yang memberlakukan pelayanan secara daring.

Pusat perbelanjaan modern juga memberlakukan jarak antrian dan banyak yang menerima pemesanan melalui whatsapp dan pengantaran ke rumah pelanggan. Kalau kamu memang harus keluar rumah selalu jaga jarak dengan orang lain ya untuk memutus tali penyebaran virus corona.

Limit waktu kamu di luar rumah, #lebihbaikdirumahsaja
From Pexels

Batasi waktu kamu di luar rumah. Mungkin ada beberapa yang memang harus tetap keluar, baik untuk bekerja maupun berbelanja kebutuhan pokok. Jika urusan kau sudah selesai, segera pulang dan beristirahat di rumah.

Ada beberapa hal juga yang harus kamu perhatikan kalau harus keluar rumah,
  • Selalu gunakan masker kain
  • Jaga jarak
  • Cuci tangan pada tempat - tempat yang disediakan. Jika tidak memungkinkan bawa hand sanitizer
Ajak teman dan saudara untuk lebih aware tentang dampak virus ini
Informasi dan kesadaran atas dampak dari virus ini juga adalah salah satu hal yang kita butuhkan untuk mencegah penularannya. Yuk mulai ajak teman dan saudara untuk lebih aware dengan dampak virus ini bagi mereka dan juga orang - orang disekitarnya. Karena, untuk menghadapi keadaan sekarang kita butuh kerjasama dari setiap lapisan.

Kebayangkan teman - teman kita yang bekerja di Rumah Sakit dan layanan kesehatan, perjuangan mereka harus kita lanjutkan dengan berkesadaran dan mulai menerapkan langkah - langkah pencegahan penyebaran virus corona.

Jaga kesehatan tubuh dan juga mental
Photo by Daniel Spase from Pexels

Meski langkah ini saya taruh terakhir, bukan berarti ini tidak sama penting dengan yang lainnya. Agar kita bisa bertahan dari serangan virus dan penyakit, kita harus menjaga tubuh kita. Dari tubuh dan jiwa yang kuat, imun kita juga akan bekerja maksimal untuk menangkal virus ini. Yuk mula hidup lebih sehat lagi. Sehat nggak cuma tentang tubuh kita ya, tapi juga kesehatan mental kita. Cari kegiatan bermanfaat dan juga menyenangkan supaya kita happy selama masa karantina ini.

Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk teman - teman. Selalu jaga kesehatan.

Stay safe and sane!

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Featured Post

Hutan Indonesia, Mengambil bagian untuk Melestarikan

Bulan Agustus tidak hanya bulan bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia tapi ada hari penting yang patut diingat, digaungkan, dan juga diberit...