Tuesday, April 28, 2020

Family Time selama #diRumahaja

Selama COVID-19 dan harus di rumah aja, banyak banget hal yang bisa dilakukan bersama keluarga. Menurut saya rutinitas kita sebelumnya kadang bikin kita agak berjarak sama orang di rumah. Sekarang ini jadi waktu yang tepat untuk bonding bersama pasangan, anak, saudara, ataupun orang tua.

Family time itu dengan atau tidak adanya Corona harusnya menjadi agenda yang wajib dilakukan. Kenapa? Karena saat itu juga kita jadi tau apa yang dilalui atau sedang dialami anggota keluarga kita. 

Jadii, apa yang saya lakuin bersama keluarga kecil saya selama pandemi ini berlangsung?

Playtime bersama Rumi

Photo by Cottonbro from Pexels
Kalau ini sih sebenarnya selalu dilakukan sebelum Rumi tidur malam. Jadi, kadang saya dan Rangga gantian atau barengan menghabiskan waktu sama bayi, baik cerita random, baca buku, atau sekedar main - main. Menurut saya, ini jadi waktu bonding yang tepat buat kami. Karena di pagi hingga siang hari saya dan Rangga punya kesibukan masing - masing. Kadang sembari kerja main - main bentar juga sih, soalnya bayi lagi seneng banget ditemenin. 

Nonton Film
Kalau ini tu jadi waktu saya sama Rumi. Kadang dia bosen liat warna warni kain ataupun buku, jadi saya ajakin dia nonton film kartun kesayangan saya dari Studio Ghibli! Bisa cek list filmnya di sini ya, siapa tau jadi salah satu film yang akan kamu tonton sama pasangan atau anak. 
Photo from Pinterest

Sebenarnya Rumi masih terlalu kecil sih untuk lihat film di layar laptop. Jadi, ngakalinnya adalah nontonnya gak lebih dari 15 menit aja. Sejauh ini dia emang betah dan tertarik sama gambar-gambar. Denger soundtrack Totoro aja bisa bikin dia senyam senyum. Kocak deh. Semoga nanti, kamu suka film - film yang Ibu suka ya Rumi.

Side hustling yang berujung jadi waktu berdua sama pasangan
Jadi ceritanya, banyak kerjaan yang tertunda selama pandemi ini. Tentunya gak cuma saya dan Rangga aja yang ngerasain. Puter otak gimana caranya buat dapatin penghasilan tambahan, iseng deh bikin smoothies kurma dan enak! 

Photo by Ayasy

Udah 2 minggu atau 3 minggu ini kamu jualan fresh smoothies kurma online. Jadi pengantaran bisa lewat ojol atau di waktu Rangga harus keluar beli sayur. Hehehe. Lumayan, kegiatan bikin smoothiesnya jadi waktu saya ma Rangga catch up dengan rencana dan aktivitas kita masing - masing. Quality timenya gak cuma bikin kita berdua punya waktu berduaan (kadang bertigaan) tapi jadi buat nambah - nambah tabungan. Sila teman - teman yang di Jogja bisa cek @sumuji__. Kapan - kapan saya ceritain deh asal usul namanya. 

Kayaknya tiga aktivitas di atas yang saya sebutin jadi highlight kegiatan saya sama keluarga selama beberapa bulan ini. Gak ada acara spesial sih sebenarnya, hanya kegiatan biasa, cuma frekuensinya saat ini jadi lebih sering. Setiap ada kesusahan pasti ada kemudahan. Hal sederhana ini jadi sesuatu yang wajib di syukuri selama pandemi ini berlangsung. Keluarga sehat dan aman.

Semoga keluarga kamu juga selalu dalam keadaan yang sehat ya.

Have a nice Tuesday everyone!

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Featured Post

Hutan Indonesia, Mengambil bagian untuk Melestarikan

Bulan Agustus tidak hanya bulan bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia tapi ada hari penting yang patut diingat, digaungkan, dan juga diberit...