Wednesday, April 22, 2020

Helping each other to survive during Pandemic

Halo, apa kabar?
Bagaimana day ke sekian dari karantinanya. Semoga tetap waras ya. Heheeu

Pandemi ini membuat semua lapisan merasa kesulitan terlepas dari pembagian status sosial. Mungkin memang akan ada opini tentang bagaimana saudara - saudara kita yang hidup dari pekerjaan sehari - hari terdampak dari keadaan ini. Besarnya dampak satu sama lain pastinya beda, tapi kalau ngomongin perbedaan terus kapan kita bisa melewati situasi ini. 

Photo by Ricardo Esquivel from Pexels

Sebenarnya yang penting adalah apa yang bisa kita sebagai individu lakukan untuk meringankan saudara, teman, dan saudara kita selama pandemi ini berlangsung  Menurut saya banyak cara, tidak terukur besar kecilnya, setiap kontribusi pasti berarti untuk orang yang kita bantu tersebut. They will not judge you by how big you help them but the help it self. 

Let your friend promote their business
Kadang kita ngerasa annoyed kan sama temen yang promosiin jualannya di segala lini. But, now everyone needs to promote their small business. Orang - orang berusaha untuk survive. Jadi, let your friend do their job dan mungkin kamu bisa bantu promosiin usaha temen kamu. Pasti sangat membantu mereka di saat omzet menurun seperti sekarang ini.

Buy from your local grocery store
Photo by Erik Scheel from Pexels
Paling mudah dilakuin, belanja dari tetangga ataupun penjual sayur dan bahan pangan yang ada di sekitar kamu. Ada beberapa toko - toko kecil yang akhirnya tutup atau beralih ke online selama pandemi ini.


Spare sebagian penghasilan ke dompet donasi yang digalang teman ataupun komunitas
Kalau ada uang lebih, bisa juga lho kamu berbagi sedikit penghasilan kamu ke aksi penggalangan dana yang banyak dilakukan. Bahkan kamu juga bisa take action dengan ajak teman untuk membuat penggalangan dana kamu sendiri. Sekarang, selain untuk pekerja lepas, penggalangan dana juga dilakukan untuk garda depan pandemi ini, tidak lain adalah tenaga kesehatan kita. Yuk bantu yang bisa kamu bantu!

Bagiin masker kamu yang lebih ke pekerja yang kamu temui di jalan
Kalau punya masker lebih, bisa banget kasih ke pengepul sampah yang suka angkutin sampah di komplek. Atau ke penjual bakso keliling. They need those mask to keep on working

Even the slightest hi means something
Photo by Retha Ferguson from Pexels


Bener! Selama masa krisis ini, gak cuma kebutuhan sehari - hari yang harus dipenuhi, kesehatan mental juga harus di jaga ya. Bertanya kabar ke teman, saudara, sahabat bisa jadi cara paling mudah untuk membantu. It will brighten up their day knowing someone is still care. Dengan ada social distancing ini, beberapa bahkan banyak orang pasti mengalami kesusahan bahkan kesedihan. Bikin temen kamu happy hari ini dengan say hi ke mereka yaa.

Jadi, ceritain dong apa saja yang sudah kamu lakuin untuk bantu sesama selama covid-19 outbreak ini. Share cerita di kolom komentar ya.

Stay sane and happy semua!

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Featured Post

Hutan Indonesia, Mengambil bagian untuk Melestarikan

Bulan Agustus tidak hanya bulan bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia tapi ada hari penting yang patut diingat, digaungkan, dan juga diberit...