Monday, April 20, 2020

COVID-19 : A way to be more aware


Photo by Markus Spiske from Pexels

Sejak mendengar kasus COVID-19 yang disebabkan oleh virus Corona terjadi di China, I know for sure it will happen in Indonesia sooner or later. 

Sedih sebenarnya melihat bagaimana pemerintah bereaksi terhadap munculnya kejadian ini, well nasi udah jadi bubur ayam ya.  Kasus COVID-19 positif pun meningkat tiap hari, kadang khawatir melanda, apalagi buat Ibu muda dengan bayi yang baru menginjak beberapa bulan. Sekarang yang bisa saya dan kita lakukan adalah mengerti mengenai virus itu untuk menyiapkam diri kita. Iya kan?

So, what is it?
Berdasarkan pengertian World Health Organization (WHO), virus Corona adalah kumpulan virus yang menyerang manusia dan juga hewan. Beberapa virus ini memang diketahui menyerang bagian pernafasan kita. Beberapa penyakit menular yang sempat menghebohkan dunia antara lain MERS dna juga SARS disebabkan oleh kelompok virus ini.

Lalu, COVID-19 itu apa? Jadi COVID-19 adalah kependekan dari Corona Virus Disease 19, yang merupakan penyakit menular yang penyebarannya pertama kali diidentifikasi terjadi di Wuhan, China bulan Desember lalu.

I know, too much information terkadang membuat kita insecure dan jadi berasap gitu gak sih kepalanya. Apalagi berita tentang penyakit ini terus menerus muncul di sosial media kita (gak di layar kaca, soalnya di rumah gak punya tv). Di berbagai berita menyiarkan banyak sekali kasus luar biasa oleh virus ini, seperti Italia yang jumlah kematiannya sudah ribuan, dan sekarang Amerika Serikat juga menyusul.

Saya jadi sadar beberapa hal, yaitu dengan adanya virus ini saya lebih aware terhadap what happened around or within myself. Jadi lebih berhati - hati kan sejak tahu bahwa penyebaran virus ini terjadi jika ada contact antara orang yang sakit ataupun tidak sakit tapi carrier. Penularan virus terjadi melalui percikan - percikan cairan yang berasal dari mulut dan hidung. Menular dan masuk melalui hidung, mata, dan mulut. Jadi, sejak informasi ini dikumandangkan, kita diharapkan untuk tidak berinteraksi dengan orang - orang disekitar kita dan menghindari memegang tiga bagian muka ini. Lebih lanjut lagi, anjuran bahkan kewajiban untuk cuci tangan juga diinformasikan karena virus ini akan melemah jika protein yang melindunginya dicuci dengan cairan sabun.
Semakin sadar kan bahwa local wisdom yang diajarkan orang tua dulu memang punya manfaat sendiri. Ingat kan, selalu dibilangin ma Ibu dan Bapak buat cuci kaki dan tangan sebelum masuk rumah. Dan it works today untuk mencegah penularan virus Corona.

Photo by Branimir Balogovic form Pexels
Despite all the bad things that happen karena penyebaran penyakit ini, kita juga diajak untuk belajar lebih sadar diri dan juga lingkungan kita. Belajar untuk tahu lebih lanjut tentang pandemi ini dan ngajak saudara dan tetangga juga buat mengerti tentang kondisi saat ini. Karena after all, kita harus bersama - sama buat melewati masa - masa sulit ini.

Stay safe and healthy everyone!

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Featured Post

Hutan Indonesia, Mengambil bagian untuk Melestarikan

Bulan Agustus tidak hanya bulan bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia tapi ada hari penting yang patut diingat, digaungkan, dan juga diberit...