Tuesday, June 5, 2018

Resep Kue Lebaran Andalan Keluarga

Photo: Pexels (Josh Sorenson)


Halo semua, gimana puasanya? Sudah ada yang batal belum nih?
Semoga puasa dan ibadahnya lancar ya di bulan Ramadan ini.

Nggak kerasa lho sebentar lagi kita bakalan menyambut Idul Fitri, gimana persiapan kue - kue buat menyambut tamu kamu. Di post ini, saya bakal bagi sedikit resep kue kering yang saya dan keluarga selalu buat menjelang Idul Fitri. Setiap tahunnya ada beberapa kue yang wajib saya dan kakak - kakak saya buat contohnya ada Kastengel, Nastar, Goodtime, Kue Kacang sama beberapa menu baru yang kayaknya 5 atau 6 tahun belakangan ini juga meramaikan meja ruang tamu di rumah Ibu. Kalau favorit saya itu Goodtime sama Chocolate Stick doooong, semua berbau coklat itu emang selalu bikin hati senang gak sih. Tapi tapi, yang berbau keju juga gak kalah bikin hati meleleh kaaan.

Hari ini mau share resep Kastengel yang kami bikin menjelang lebaran. Siapa tau tahun ini kamu ada rencana mau bikin kue sendiri. Berikut resepnya ya.

Resep Castengel

Bahan:
-Margarin 500gr (Blueband cake cookies)
- Gula halus 3/4 cangkir
- Vanili secukupnya
- 6 kuning telur
- Maizena 3 sdm mujung (optional)
- Butter 5 sdm (optional)
- Susu dancow putih 1 sachet (optional)
- Keju edam parut 3 sdm mujung, sesuai selera
- Keju cheddar parut 1,5 kotak
- Tepung terigu 1 kg

Garnish:
Kuning telur untuk olesan
Keju parut

Cara membuat:
1. Mixer semua bahan kecuali tepung hingga putih mengembang.
2. Ambil adonan secukupnya campur dengan tepung sedikit demi sedikit hingga bisa dibentuk. Giling dengan rolling pin ketebalan 0.8cm, cetak dengan cetakan castengel. Lakukan sampai adonan habis.
3. Oles kuning telur dan kasih keju parut diatasnya.
4. Panaskan oven, panggang hingga warna kecoklatan.

Photo: Dokumentasi Pribadi

Yaaaas, gampang banget kaan. Semoga resepnya bermanfaat ya. Hehehe. Kue - kue ini nggak cuma bisa jadi suguhan di rumah kamu lho, bisa juga jadi bingkisan buat orang - orang terdekat. Sesuatu yang dibuat pakai hati pasti sampai juga ke hati.

Cheers,
M

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Featured Post

Hutan Indonesia, Mengambil bagian untuk Melestarikan

Bulan Agustus tidak hanya bulan bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia tapi ada hari penting yang patut diingat, digaungkan, dan juga diberit...