Saturday, May 9, 2020

Bola - bola Ubi untuk Buka Puasa

Happy weekend semuanya!

Nggak kerasa, udah akhir pekan aja ya. Kayaknya tuh baru kemarenan nulis buat weekend minggu lalu.

Sebenarnya saya agak sedih karena kemarinan gak sempat nulis, dan ketinggalan blog challenge. Tapi apa dikata ya, kondisi memang lagi gak fit dan juga kerjaan kantor lumayan banyak. Tapi hari ini rencananya mau ngejar 2 entri, apakah bisa? Yang penting tulis ajaaa dulu kan ya. hehehe

Saya tu jarang banget bikin camilan dari ubi kecuali ubi goreng. Maklum anaknya kadang mageran. Terus beberapa waktu lalu bikin kolak ubi pisang dan juga bola - bola ubi. Ternyata gampang bikinnya dan dijamin enak!

Jadi ini dia resep bola - bola ubi ala saya.
Photo from Pinterest. Bola - bola ubi saya tak secantik ini, tapi tetep enak lho, percaya deh.

Bahan:
Ubi Jalar 3 buah
Gula Aren
Garam
Tepung terigu
Tepung roti
Telur

Cara Buat:
1. Rebus atau kukus ubi sampai matang. Sebelumnya jangan lupa cuci bersih ya, saya biasanya kupas kulitnya setelah matang.
2. Lalu taruh d mangkuk dan di mashed bisa pakai garpu aja sampai halus. Tambah garam sedikit.
3. Potong kasar gula aren, terus campur di ubi. Ada beberap resep yang taruh gulanya ditengah. Tapi saya sih campur ajaa.
4. Setelah tercampur, bulatkan bikin bola-bola.
5. Siapin tepung tepungan dan telur. Ini buat ngebalur bola - bola ubinya ya. 
6. Setelah siap tinggal goreng~ Siap disantap
7. Kemarin saya bikin itu jadi 1 wadah ukuran 1,5liter. Saya masukin kulkas buat digoreng pas buka puasa.

Gampang banget kan. Saya agak sempat gak nyangka, semudah itu tapi hasilnya gak ngecewain sama sekali. Gula arennya lumer diantara ubi yang lembut. Seneng banget rasanya. 

Buka puasa hari ini bikin lagi, kebetulan Rangga habis beli Ubi banyak kemarin.

Semoga jadi ide buat camilan buka puasa kamu yaaa.

Have a great weekend!

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Featured Post

Hutan Indonesia, Mengambil bagian untuk Melestarikan

Bulan Agustus tidak hanya bulan bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia tapi ada hari penting yang patut diingat, digaungkan, dan juga diberit...