Tuesday, May 5, 2020

Menu Buka Puasa Andalan

Halo semua,

Seneng dan excited banget kan pastinya saat - saat menuju buka puasa. Biasanya tuh jaman masih kecil, bakal pergi cari takjil sama Bapak dan bawa pulang banyak camilan, terfavorit sih lumpia bi Nurmah. Tapi sejak merantau dan sekarang tinggal di Jogja, saya jadi jarang banget beli macam - macam makanan buat buka puasa. Apalagi keadaan sekarang, better stay di rumah dan masak sendiri menu buka puasanya.

Tahun lalu, saya buka puasa hampir 90 persen itu di luar. Setelah pulang kerja, Rangga jemput saya, terus kita cus ke tempat jual sate Madura langganan, Cak Samsul. Ahhh~ kangen deh buka atau makan di luar, di pinggir jalan sambil nyantap sate kambing mix ayam plus sambal bawang yang aduhaaay. Selama puasa Ramadan yang kebetulan ini dalam masa - masa karantina akibat covid-19, saya bikin menu berbuka yang gampang. 

Ini menu andalan buka puasa saya dan Rangga.
Sayur Bening, Lauk, dan Sambal. Gak ada fotonya ya tapi, maklum habis buka langsung habis.

Vegetables
Photo by Magda Ehlers from Pexels

Biasanya sayur bening ini sayurnya bisa bayam, kacang panjang, dan juga daun katuk. Bersyukur banget di rumah ada pohon katuk banyak, kalau sayur di kulkas habis, tinggal petik, cuci, masak. Biasanya sayur - sayur tadi di dampingi Jipang atau labu biar makin mantap. Saya tu cita - cita banget punya tanah dengan rumah kecil, tapi punya kebun sayur mayur. Jadi makan tinggal petik dari halaman. Saat masa Pandemi ini, pikiran buat punya tanah dan berkebun sendiri jadi semakin mantap. Kebayang kan betapa sustainnya kita kalau bisa memproduksi bahan pangan kita sendiri. Terus untuk lauknya beragam, kadang tempe tahu goreng, ayam ungkep atau daging empal. Tapi yang paling bikin mantap memang sambal. 


Photo by Lisa Fotios from Pexels

Selain andalan, menu buka puasa ini praktis banget. Apalagi sebelumnya meal prep, potong dan cuci sayur, ungkep lauknya, dan simpan rapi di kulkas. Jadi kalau waktu mepet buat buka dan juga sahur, tinggal cemplung - cemplung deh. Sejak corona, jadi makin rajin meal prep, semoga setelahnya bisa lanjut terus. Selain hemat, jadi mengurangi sampah organik yang kita buat karena makanan di simpan dan digunakan dengan baik. Meskipun keadaan seperti sekarang, banyak juga bersyukurnya. Masih bisa puasa Ramadan, dan masih bisa makan yang cukup bersama keluarga. 

Selamat menunaikan ibadah puasa ya teman - teman

Stay safe!

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Featured Post

Hutan Indonesia, Mengambil bagian untuk Melestarikan

Bulan Agustus tidak hanya bulan bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia tapi ada hari penting yang patut diingat, digaungkan, dan juga diberit...