Wednesday, May 13, 2020

Resep khas Lombok Andalan Keluarga saat Lebaran

Hai hai

Nggak kerasa sebentar lagi Lebaran ya. Rasanya Ramadan tahun ini berlalu begitu cepat. Apa karena suasananya yang super berbeda dari tahun sebelumnya? Atau memang waktu kayak lagi main kucing - kucingan ma kita? 

Biasanya menyambut lebaran ada beberapa hal yang gak pernah ketinggalan yaaa, baju lebaran, mukena baru, mudik, sampai pilihan menu yang akan disajikan buat dimakan bareng keluarga saat Idul Fitri. Ahhh~ bayangin suasana lebaran aja jadi kangen lebaran di Lombok. 

Menu - menu yang biasanya ada pas lebaran di rumah saya di Lombok antara lain ini nih;
Plecing Ayam Kampung
Sayur Ares
Bihun Goreng
Capcay
Empal Daging
Sambal Goreng Ati Kentang
Lontong dan Opor
Ayam Goreng Lengkuas

Kalau di rumah Rangga yang wajib itu pasti ada Bakso daging sapi lengkap dengan mie lontong dan saudara pelengkapnya. Kalau dilihat menunya banyak banget kan ya. Hihihi. Tapi gak selalu semua yang di list di atas akan ada lho ya. Tergantung situasi dan kondisi. Dari list menu andalan rumah itu yang khas lombok ada dua, Plecing Ayam Kampung sama Sayur Ares. Kalau yang lainnya menu nasional kan yaa. 

Saya share resep menu Plecing Ayam Kampung aja ya, begini cara buatnya.

Maaf ya foto bukan milik saya, tapi dari cookpad. Maklum gak sempet foto, keasyikan makannya


Bahan:
1 ekor Ayam kampung
6 siung Bawang Putih
Cabe Rawit sesua selera pedas, saya sih biasanya setidaknya 20 bijian
2 Cabe merah besar
4 butir kemiri
1Tomat
Terasi Lombok (ini penting, soalnya terasi di Jogja beda, kurang nendang)
Minyak Kelapa
Jeruk limau
Garam jangan lupa

Cara Buat
1. Bersihkan ayamnya ya. Biasanya pesen di pasar dekat rumah itu sudah bersih plus dipotongin juga.
2. Siapin bumbu halusnya. Kalau mau simpel bisa di blender atau di food chopper. Tapi kalau mau sensasi nguleg sambel tinggal ambil ulegan ya. Semuanya di capur kecuali jeruk limau, ini nanti terakhir. 
3. Kalau dirumah saya, ayamnya gak dibakar kayak kebanyakan. Jadi ayamnya digoreng setengah matang dulu, sisihkan. Sebelum goreng bisa dikasih garam dikit ya
4. Bumbunya tadi, di masak di wajan pakai minya goreng, tambahin garam. Kalau kata ibu saya, masaknya harus sampai mereseng, biar bumbunya awet dan rasanya oke. Setelah mantap, baru deh masukin ayamnya tadi. 
5. Lanjut campur dan aduk ayam dan bumbunya sampai merata, pakai api sedang aja biar gak gosong bumbunya. Setelah dirasa cukup, kasih perasan limau, dan diaduk lagi.
6. Taraaa, sudah selesai deh. Plecing Ayam Kampung siap dimakan

Biasanya ibu beli sampai 3 ayam kampung, segini porsinya biasanya aman sampai 3 - 5 hari setelah lebaran. Karena menunya banyak, kadang nyisa, dan hari - hari selanjutnya kita manasin menu lebaran kemarin. Tapi gak sampai 5 hari dah habis sih, karena beberapa juga dihantarkan ke keluarga.

Sekian resep dari saya, semoga bener infonya ya. Hehehe. Kalau kurang mantap rasanya, bisa ditakar sesuai selera lidah.

See you~

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Featured Post

Hutan Indonesia, Mengambil bagian untuk Melestarikan

Bulan Agustus tidak hanya bulan bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia tapi ada hari penting yang patut diingat, digaungkan, dan juga diberit...