Monday, May 4, 2020

Puasa Ramadan tahun 2020

Selamat memulai minggu teman - teman.

Apa goals dan rencana kamu di minggu ini. Apapun itu, semoga lancar selalu ya. Hari ini sudah masuk hari ke - 11 puasa Ramadan. Nggak kerasa, sudah masuk pertengahan bulan. Tentunya puasa kali ini sangat berbeda dibanding tahun - tahun sebelumnya kan.

Photo by Ahmed Atqai from Pexels

Meskipun tahun ini saya tidak bisa puasa full karena sedang menyusui, saya tetap merasakan perbedaan puasa tahun ini dengan tahun lalu.Terutama yang berkaitan sama hal  keramaian, seperti tarawih, pasar ramadan, buka puasa bareng teman, sahur on  the road, dan nantinya gak akan ada sholat Idul Fitri. Sedih rasanya. Tahun 2019 itu tahun pertama saya gak pulang lebaran, karena kondisi baru hamil. Saya dan Rangga lebaran berdua deh di Jogja.

Tahun ini rencanya keluarga kami yang akan ke Jogja, lebaran di sini semua. Saya dan mbak-mbak saya juga ada rencana ke Madiun untuk mengunjungi makam Mbah Kung dan bertemu dengan keluarga dari pihak Bapak. Bahkan ponakan-ponakan saya sudah super excited akan liburan dan kumpul keluarga di Jogja. Rencananya di pending semua akhirnya. Tapi semoga setelah keadaan membaik bisa segera berkumpul bareng keluarga lagi ya.

Ada lagi hal yang saya kangenin di bulan Puasa, yaitu buka bareng sama teman - teman digital marketing dari kantor lama. Iya, sejak kerja di startup tahun 2016 sebagai tim digital marketing, setelah keluar, teman - teman yang masih di kantor dan sudah resign selalu coba kumpul bareng saat puasa. Tahun lalu kumpulnya formasi lengkap.

Photo by Mona Termos from Pexels

Sebenarnya untuk masalah ibadah, tidak terlalu jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Hanya saja keramaian dan euforia bulan Ramadan yang hangat dan kekeluargaan jadi tidak ada di tahun ini. Apalagi di Indonesia, Ramadan itu jadi waktunya untuk berkumpul bersama keluarga besar, calon keluarga, teman, sahabat, bahkan sampai alumni tk sd smp sma kuliah. Kebayangkan jadwal buka puasa barengnya padat merayap. Hahaha.

Ramadan tahun ini benar - benar jadi waktunya kita merefleksi diri dan melihat ke dalam lagi, apa yang sudah kita lakukan untuk orang sekitar.

Semoga kita semua selalu sehat dan covid-19 segera berakhir. Amin!

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Featured Post

Hutan Indonesia, Mengambil bagian untuk Melestarikan

Bulan Agustus tidak hanya bulan bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia tapi ada hari penting yang patut diingat, digaungkan, dan juga diberit...