Friday, May 1, 2020

4 hal yang dibutuhkan saat #dirumahaja



Happy labour day!
Can't believe it's already May. My beautiful precious month. Haha

Nggak kerasa kan sekarang sudah bulan Mei saja, dan kita sedang menjalankan ibadah Ramadan di tengah situasi yang unexpected. Benar - benar di luar dugaan semua orang bahwa Ramadan tahun ini kita akan berdiam diri di rumah demi menghindari penyebarluasan COVID-19.

Untuk bisa bertahan di rumah selama wabah corona ini ada, kita memang butuh menyiapkan hal - hal di rumah. Now it's about surviving. Bertahan secara fisik dan juga tentunya mental. Ahhh, rasanya ingin segera back to normal, tapi sekarang itu new normalnya kita menghabiskan banyak sekali waktu di rumah.

So here it goes, 4 hal yang saya anggap dibutuhkan saat #dirumahaja.

1. Kebutuhan Makanan
From Pexels
Sepertinya ini hal wajib yang harus kita punya untuk bertahan di rumah. Sekarang saya dan Rangga biasa nyetok lauk dan sayur untuk makan 1-2 minggu. Sebenarnya yang biasa meal prep jadi hal yang biasa siapin makanan keluarga tiap minggunya. Selama karantina ini, saya belanja kebutuhan pokok sebulan sekali, lalu untuk sayur stok untuk 2 minggu. Karena pedagang sayur dan lauk dekat rumah masih beroperasi normal. Sejauh ini gak ada kelangkaan sih. 

Karena udah gak ada agenda makan di luar, jadinya harus siapin bahan makanan dan juga jajanan di rumah. Benar - benar belajar bertahan dengan apa yang ada. Di salah satu sisi melatih kita bersabar dan juga lebih empati kepada teman atau saudara yang lebih membutuhkan. Kalau ada lebihan sembako atau memang niat berbagi, yuk kita cek orang - orang disekitar kita yang memang membutuhkan bantuan ini. Semoga yang kita lakukan bisa membantu saudara kita bertahan dikeadaan yang sulit ini.

2. Kebersihan
Setiap rumah pastinya punya peralatan kebersihannya sendiri kan. Sekarang, sebagian sabun diletakkan di pintu masuk supaya bisa membersihkan diri sebelum masuk rumah. Barang - barang kebersihan ini antara lain sabun (batang dan cair), antiseptik (wipol), dan hand sanitizer. Hal - hal yang saya disebutin di atas itu sebenarnya barang yang memang tiap rumah punya kan? Cuma mungkin penggunaannya sekarang lebih banyak dari sebelumnya.

Photo by Tabitha Mort from Pexels
Eits, tapi jangan jadiin alasan untuk menimbun barang - barang di atas ya. Kita kan nggak tau ternyata di luar sana ada orang - orang yang kesulitan mencari bahkan membeli kebutuhan untuk kebersihan ini. Be mindful! Jadi inget beberapa hari lalu ikutan kelas mindful di IG Live Mba Muriel Imron, founder Zerowaste.id. Di saat sekarang kita harus lebih berkesadaran atas apa yang kita lakukan, dan juga setelah ini semua berakhir. Karena dengan begitu kita akan lebih berempati sama kehidupan orang lain.

3. Elektronik atau Gadget
Ini penting! Apalagi sekarang serba online kan. Kerja dari rumah butuh laptop, smartphone, listrik, dan internet yang stabil. Cari hiburan juga lewat sosial media bahkan kita berkoneksi dan keep in touch sama teman dan keluarga juga lewat gadget kita. 

Photo by Ovan from Pexels
Selain gadget untuk komunikasi, benda elektronik lain yang nemenin selama di rumah aja itu adalah blender dan toaster. Baik buat jajanan ataupun buat jualan. Kebutuhan orang - orang pasti berbeda beda kan. Komen dong benda eletronik apa yang ada di rumah yang selalu nemenin kamu selama masa - masa pandemi begini?

4. Favorite things
Hal terakhir yang harus wajib ada yaituu benda benda yang jadi favorit kamu. Baik buku, alat kerajinan, coffee machine, board game dan banyak lainnya. Kalau saya selama karantina baca bukunya lewat scribd, mumpung ada gratis baca sebulan. By the way, promosi dikit bisa pakai link referral saya buat baca buku gratis selama 2 bulan di Scribd. 😁

Selain buku, mesin jahit juga hal favorit selama pandemi. Bikin ini itu, lanjutin projek jahitan yang terbengkalai. Lumayan, bisa menyelesaikan dan memulai beberapa hal.

Personal Photo

Menurut saya 4 hal ini yang bantu dan menemani serta wajib ada selama di rumah aja. Semoga artikelnya ada manfaatnya ya.

Stay safe and sane ya!

Cheers

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Featured Post

Hutan Indonesia, Mengambil bagian untuk Melestarikan

Bulan Agustus tidak hanya bulan bersejarah bagi kemerdekaan Indonesia tapi ada hari penting yang patut diingat, digaungkan, dan juga diberit...